HI KNOW!

    

       Timur Tengah adalah suatu kawasan yang membentang dari Maroko di sebelah barat, Iran disebelah Timur, serta Turki hingga Yaman di sebelah utara dan selatan. Wilayah ini dibagi menjadi beberapa negara yaitu Maroko, Tunisia, Aljazair, Libya, Mesir, Arab Saudi, Oman, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), Kuwait, Suriah, Lebanon, Iraq, Iran, Yaman, Bahrain, Palestina, dan Turki. Kondisi geografis Timur Tengah amat didominasi oleh padang gurun yang luas sehingga tidak memungkinkan untuk pertanian. Namun, ada juga wilayah tertentu yang dapat dijadikan sebagai ladang pertanian seperti lembah sungai Nil, Mesopotamia ( Sungai Eufrat dan Tigris), serta daerah tepi Laut Merah dan Mediterania. Penduduk yang mendiami kawasan ini bermacam-macam seperti bangsa Arab, Turki, Kurdi, Persia, Berber, dll. Agama yang paling banyak dianut adalah Islam dimana sebagian kecil lainnya menganut Kristen Koptik, Yahudi, Assyrian, dan Yazidis. Hal ini yang kemudian menjadikan Timur Tengah sebagai daerah yang heterogen baik dari segi penduduk maupun wilayahnya.

            Namun, kondisi ini justru membawa dampak negatif bagi perdamaian di daerah ini. Kawasan Timur Tengah sering diidentikkan sebagai wilayah konflik dengan banyaknya peperangan yang terjadi seperti Perang Persia-Romawi, Perang Salib, Perang Palestina-Israel, dan sebagainya. Konflik-konflik tersebut telah menimbulkan instabilitas kawasan dan perebutan dominasi tiada henti. Salah satu faktor yang melatarbelakanginya adalah adanya sikap kesukuan dan etnosentrisme yang kuat di kalangan masyarakat Timur Tengah sehingga menimbulkan diskriminasi dan intoleransi terhadap etnis lain. Bahkan, kondisi ini juga diperparah dengan permasalahan sektarianisme yang seringkali dijadikan sebagai dasar logis dalam menjalankan praktek-praktek tersebut. Belum lagi, kekuasaan diktator yang dijalankan oleh sering menghambat kemajuan dan kebebasan berpendapat bagi penduduknya. Itu sebabnya upaya perdamaian di wilayah ini amatlah sulit dan membutuhkan waktu yang lama.

            Tapi, bukan berarti mustahil perdamaian dapat dijalankan di Timur Tengah. Perlu adanya upaya bersama untuk dapat menampung pandangan yang berbeda. Toleransi dilakukan dengan porsi dan tempat yang sewajarnya. Sikap diskriminatif terhadap etnis tertentu mesti dihindari. Kembangkan rasa kasih sayang dan kerukunan diantara kelompok-kelompok masyarakat. Keadilan terhadap semua lapisan masyarakat tanpa memandang ras, suku, bangsa, dan agama yang dimiliki. Maka, dengan melakukan cara-cara tersebut dapat menberikan keamanan dan perdamaian di Timur Tengah.

   

Shared: